Lazada Indonesia

Lazada merupakan salah satu situs perdagangan elektronik atau e-commerce yang bergerak dalam bidang IT sebagai penyedia barang seperti elektronik, fashion pria dan wanita, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, perlengkapan traveling dan olah raga, dan lain sebagainya. Lazada Indonesia (www.lazada.co.id) didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online Lazada Group International di Asia Tenggara. Lazada tidak hanya ada di Indonesia saja, tetapi juga beroperasi di beberapa negara Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Filiphina. Lazada adalah jaringan e-commerce yang berpusat di Timur Tengah, tepatnya di Dubai, Uni Emirat Arab. Meskipun demikian, ternyata Lazada sendiri masih merupakan bagian dari Rocket Internet yang berasal dari Jerman. Lazada sendiri menggunakan nuansa biru dan oranye yang mirip dengan tema yang digunakan oleh Amazon. Berbeda dengan Zalora yang berfokus dengan produk fashion, Lazada ini seperti yang sudah tertampil di situsnya hanya berfokus pada produk costumer electronic dan peralatan rumah tangga. Sejumlah merk terkenal telah terdaftar di Lazada Indonesia. Sama pula seperti Zalora, Lazada juga memberikan keunggulan ongkos antar gratis di wilayah Jakarta dengan menggandeng Go-Jek. Hal itu dapat terjadi dikarenakan CEO Rocket Internet Indonesia juga merupakan founder Go-Jek.
Perusahaan Lazada merupakan top online retailer di Indonesia. Perusahaan ini memberikan kesempatan kepada konsumen untuk membeli segala jenis produk yang berkaitan dengan elektronik, dekorasi rumah tangga hingga produk kesehatan dan kecantikan hanya dengan mengakses ke website yang telah disediakan. Produk pesanan akan di antar ke rumah konsumen dengan pelayanan kurir yang cepat dan kualitas produk yang terbaru dan terbaik. Pembayaran juga dapat di lakukan dengan uang tunai bila tidak memiliki kartu kredit. Di Lazada Indonesia dapat dijumpai 12 kategori produk utama mulai dari peralatan rumah tangga, elektronik rumah tangga, handphone & aksesoris, kamera, komputer, TV, video & audio, mainan bayi, kesehatan & kecantikan, tas & koper, olahraga & otomotif, musik & instrumen,  serta buku. 

Sistem pembelian di lazada juga diatur dengan sedemikian rupa sehingga akan memudahkan konsumen dalam beberlanja dari rumah. Costumer hanya tinggal duduk santai memilih barang yang diinginkan lalu mentransfer sejumlah uang dan barang akan segera dikirimkan. Cara membeli dan memesan produk di lazada adalah yang pertama kita pilih produk yang akan kita beli dengan cara menelusuri di bagian kategori atau bisa juga mengetik permintaan di kotak pencarian setelah itu baru pilih sub-kategori produk, lalu selanjutnya klik pada produk yang diinginkan dan periksa informasi produk yang sudah dipilih, ketersediaan produk dan estimasi waktu pengiriman, lalu klik “beli sekarang” untuk memproses pesanan. Konfirmasi keranjang belanjaan dengan memilih jumlah produk yang dibeli di rincian keranjang kemudian pilih “tutup dan lanjutkan belanja” atau proses ke konfirmasi pesanan untuk menempatkan pesanan dengan meng-klik “lanjutkan ke pembayaran”. Selanjutnya, masukkan alamat email kita untuk menerima informasi order. Disitu terdapat dua pilihan yaitu anda adalah pelanggan baru atau sudah memiliki akun sebelumnya. Jika pelanggan baru, maka pilih “lanjut tanpa password” yang artinya kita bisa melanjutkan ke langkah berikutnya tanpa perlu membuat akun terlebih dahulu maupun login dengan akun. Jika sudah memiliki akun sebelumnya, maka pilihlah “saya adalah pelanggan tetap” dan masukkan password untuk login. Setelah itu klik “lanjutkan”.  Langkah berikutnya adalah mengisi informasi yang dibutuhkan untuk pengiriman barang yang sudah tersedia di kolom yang tersistem di website lazada. Lalu periksa ongkos pengiriman barang dan klik “lanjutkan”. Selanjutnya, pilih metode pembayaran kita, masukkan kode voucher dan klik “gunakan voucher” dan harga akan diperbarui jika berhasil. Hal ini hanya berlaku jika pelanggan memiliki voucher belanja. Setelah itu, konfirmasi pesanan kita dan yang terakhir catat kode pesanan kita untuk pengecekan dan konfirmasi pesanan kita juga akan dikirimkan melalui email dan sms.

Lazada Indonesia merupakan bisnis online atau e-commerce dengan tipe B2C atau Business to Customer karena tujuan utama perusahaan adalah menyerap customer individu yang melakukan transaksi di situs mereka. Business-to-consumer (B2C) adalah suatu proses bisnis dimana penjual (produsen) berhadapan langsung dengan pembelinya (consumer). Sifat dari bisnis tersebut adalah terbuka dan bebas dimanfaatkan oleh khalayak umum. Cara mengaksesnya melalui sebuah website yang disediakan oleh sang penjual. Dalam tipe Business to Customer perusahaan akan lebih terfokus dengan bagaimana mekanisme dasar bagi pembeli untuk mengakses perusahaan tersebut di dalam sebuah web yang sudah disediakan oleh perusahaan. Website yang menggunakan sistem B2C menjual produknya secara langsung kepada pelanggan atau calon pembeli dan mereka dapat melihat produk yang ditampilkan pada sebuah website organisasi bisnis. Dimana pelanggan bisa memilih dan memesan produk  yang sama. Setelah itu website akan mengirimkan pemberitahuan kepada organisasi bisnis melalui email dan organisasi tersebut akan mengirimkan produk / barang yang sudah dipesan kepada pelanggan. Jenis bisnis ini merupakan salah satu bentuk yang paling berkembang di Indonesia, namun dalam pengembangan bentuk bisnis ini tentunya juga tidak mudah. Selain diperlukan modal yang sangat besar, ketersediaan pasokan barang serta sistem penjualan semuanya harus di-handle sendiri oleh pihak e-commerce.  Namun Lazada juga masih memiliki sistem layaknya Marketplace C2C yang dapat menerima penjual mandiri yang memiliki barang yang cukup banyak dan terjamin ketersediannya. Tetapi dalam bisnis B2C seperti lazada semuanya bisa diatur dan memiliki kuasa penuh, mulai dari stok barang, kepuasan customer, dan kualitas barang. Sedangkan cara meningkatkan penjualan dan juga trust di marketplace dengan cara akuisisi merchant, yaitu dengan mengajak merchant yang bagus dan berkualitas masuk ke marketplace. Semakin banyak merchant yang berkualitas, semakin tinggi kredibilitas marketplace dan merchant tersebut. Dan lazada bisa membuat sistem rating dalam marketplace agar orang percaya bahwa merchant yang dimaksud itu aman dan bisa dipercaya. Tidak hanya mempengaruhi trust, hal ini juga dapat meningkatkan penjualan yang terjadi dalam bisnis. Untuk mendatangkan para merchant ini yaitu dengan cara menawarkan keunikan dalam marketplace atau bisa mempermudah mereka untuk masuk ke marketplace dengan membantu mereka memposting foto produk.
Model bisnis utama dari lazada yang bertipe B2C atau Business to Customer adalah Content Provider. Dimana lazada menyediakan informasi tentang produk-produk yang memang disediakan di websitenya dari berbagai toko ternama dan terpercaya di Indonesia. Jadi, lazada hanya sebagai tempat untuk menampung toko-toko dari brand terpercaya di Indonesia berkumpul untuk menjual produknya.
Sumber atau jenis pendapatan (revenue model) dari lazada adalah advertising revenue model dimana pemilik situs e-commerce atau pelaku e-business akan mendapatkan penghasilan dari pemasangan iklan di situs web oleh client-clientnya. Selain itu, jenis pendapatan lazada juga bisa merupakan sales revenue model.  Dimana sebuah perusahaan e-commerce memperoleh penghasilan dari menjual barang atau jasa melalui situs web. Business model jenis ini mengandalkan proses jual beli menggunakan teknologi web.


CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top