Lazada merupakan salah satu situs
perdagangan elektronik atau e-commerce yang
bergerak dalam bidang IT sebagai penyedia barang seperti elektronik, fashion pria dan wanita, buku, mainan
anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan
rumah tangga, perlengkapan traveling dan olah raga, dan lain sebagainya. Lazada
Indonesia (www.lazada.co.id)
didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan retail
online Lazada Group International di Asia Tenggara. Lazada tidak hanya ada di
Indonesia saja, tetapi juga beroperasi di beberapa negara Asia Tenggara seperti
Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Filiphina. Lazada adalah jaringan e-commerce yang berpusat di Timur
Tengah, tepatnya di Dubai, Uni Emirat Arab. Meskipun demikian, ternyata Lazada
sendiri masih merupakan bagian dari Rocket Internet yang berasal dari Jerman.
Lazada sendiri menggunakan nuansa biru dan oranye yang mirip dengan tema yang
digunakan oleh Amazon. Berbeda dengan Zalora yang berfokus dengan produk
fashion, Lazada ini seperti yang sudah tertampil di situsnya hanya berfokus
pada produk costumer electronic dan
peralatan rumah tangga. Sejumlah merk terkenal telah terdaftar di Lazada
Indonesia. Sama pula seperti Zalora, Lazada juga memberikan keunggulan ongkos antar
gratis di wilayah Jakarta dengan menggandeng Go-Jek. Hal itu dapat terjadi
dikarenakan CEO Rocket Internet Indonesia juga merupakan founder Go-Jek.
Perusahaan Lazada merupakan top
online retailer di Indonesia. Perusahaan ini memberikan kesempatan kepada
konsumen untuk membeli segala jenis produk yang berkaitan dengan elektronik,
dekorasi rumah tangga hingga produk kesehatan dan kecantikan hanya dengan
mengakses ke website yang telah disediakan. Produk pesanan akan di antar ke
rumah konsumen dengan pelayanan kurir yang cepat dan kualitas produk yang
terbaru dan terbaik. Pembayaran juga dapat di lakukan dengan uang tunai bila
tidak memiliki kartu kredit. Di Lazada Indonesia dapat dijumpai 12 kategori
produk utama mulai dari peralatan rumah tangga, elektronik rumah tangga,
handphone & aksesoris, kamera, komputer, TV, video & audio, mainan
bayi, kesehatan & kecantikan, tas & koper, olahraga & otomotif,
musik & instrumen, serta buku.
Sistem pembelian di lazada juga
diatur dengan sedemikian rupa sehingga akan memudahkan konsumen dalam
beberlanja dari rumah. Costumer hanya tinggal duduk santai memilih barang yang
diinginkan lalu mentransfer sejumlah uang dan barang akan segera dikirimkan.
Cara membeli dan memesan produk di lazada adalah yang pertama kita pilih produk
yang akan kita beli dengan cara menelusuri di bagian kategori atau bisa juga
mengetik permintaan di kotak pencarian setelah itu baru pilih sub-kategori
produk, lalu selanjutnya klik pada produk yang diinginkan dan periksa informasi
produk yang sudah dipilih, ketersediaan produk dan estimasi waktu pengiriman,
lalu klik “beli sekarang” untuk memproses pesanan. Konfirmasi keranjang
belanjaan dengan memilih jumlah produk yang dibeli di rincian keranjang
kemudian pilih “tutup dan lanjutkan belanja” atau proses ke konfirmasi pesanan
untuk menempatkan pesanan dengan meng-klik “lanjutkan ke pembayaran”.
Selanjutnya, masukkan alamat email kita untuk menerima informasi order. Disitu
terdapat dua pilihan yaitu anda adalah pelanggan baru atau sudah memiliki akun
sebelumnya. Jika pelanggan baru, maka pilih “lanjut tanpa password” yang
artinya kita bisa melanjutkan ke langkah berikutnya tanpa perlu membuat akun
terlebih dahulu maupun login dengan akun. Jika sudah memiliki akun sebelumnya,
maka pilihlah “saya adalah pelanggan tetap” dan masukkan password untuk login.
Setelah itu klik “lanjutkan”. Langkah
berikutnya adalah mengisi informasi yang dibutuhkan untuk pengiriman barang
yang sudah tersedia di kolom yang tersistem di website lazada. Lalu periksa
ongkos pengiriman barang dan klik “lanjutkan”. Selanjutnya, pilih metode
pembayaran kita, masukkan kode voucher dan klik “gunakan voucher” dan harga
akan diperbarui jika berhasil. Hal ini hanya berlaku jika pelanggan memiliki
voucher belanja. Setelah itu, konfirmasi pesanan kita dan yang terakhir catat
kode pesanan kita untuk pengecekan dan konfirmasi pesanan kita juga akan
dikirimkan melalui email dan sms.
Lazada Indonesia merupakan bisnis
online atau e-commerce dengan tipe B2C
atau Business to Customer karena
tujuan utama perusahaan adalah menyerap customer individu yang melakukan
transaksi di situs mereka. Business-to-consumer
(B2C) adalah suatu proses bisnis dimana penjual (produsen) berhadapan langsung dengan
pembelinya (consumer). Sifat dari bisnis tersebut adalah terbuka dan bebas dimanfaatkan
oleh khalayak umum. Cara mengaksesnya melalui sebuah website yang disediakan oleh
sang penjual. Dalam tipe Business to
Customer perusahaan akan lebih terfokus dengan bagaimana mekanisme dasar
bagi pembeli untuk mengakses perusahaan tersebut di dalam sebuah web yang sudah
disediakan oleh perusahaan. Website yang menggunakan sistem B2C menjual produknya
secara langsung kepada pelanggan atau calon pembeli dan mereka dapat melihat produk
yang ditampilkan pada sebuah website organisasi bisnis. Dimana pelanggan bisa
memilih dan memesan produk yang sama.
Setelah itu website akan mengirimkan pemberitahuan kepada organisasi bisnis melalui
email dan organisasi tersebut akan mengirimkan produk / barang yang sudah
dipesan kepada pelanggan. Jenis bisnis ini merupakan salah satu bentuk yang
paling berkembang di Indonesia, namun dalam pengembangan bentuk bisnis ini tentunya
juga tidak mudah. Selain diperlukan modal yang sangat besar, ketersediaan pasokan
barang serta sistem penjualan semuanya harus di-handle sendiri oleh pihak e-commerce.
Namun Lazada juga masih memiliki sistem layaknya
Marketplace C2C yang dapat menerima penjual mandiri yang memiliki barang yang
cukup banyak dan terjamin ketersediannya. Tetapi dalam bisnis B2C seperti
lazada semuanya bisa diatur dan memiliki kuasa penuh, mulai dari stok barang,
kepuasan customer, dan kualitas barang. Sedangkan cara meningkatkan penjualan
dan juga trust di marketplace dengan
cara akuisisi merchant, yaitu dengan
mengajak merchant yang bagus dan
berkualitas masuk ke marketplace. Semakin banyak merchant yang berkualitas, semakin tinggi kredibilitas marketplace
dan merchant tersebut. Dan lazada bisa
membuat sistem rating dalam marketplace agar orang percaya bahwa merchant yang dimaksud itu aman dan bisa
dipercaya. Tidak hanya mempengaruhi trust,
hal ini juga dapat meningkatkan penjualan yang terjadi dalam bisnis. Untuk
mendatangkan para merchant ini yaitu
dengan cara menawarkan keunikan dalam marketplace atau bisa mempermudah mereka untuk
masuk ke marketplace dengan membantu mereka memposting foto produk.
Model bisnis utama dari lazada
yang bertipe B2C atau Business to
Customer adalah Content Provider.
Dimana lazada menyediakan informasi tentang produk-produk yang memang
disediakan di websitenya dari berbagai toko ternama dan terpercaya di
Indonesia. Jadi, lazada hanya sebagai tempat untuk menampung toko-toko dari
brand terpercaya di Indonesia berkumpul untuk menjual produknya.
Sumber atau jenis pendapatan (revenue model) dari lazada adalah advertising revenue model dimana pemilik
situs e-commerce atau pelaku e-business akan mendapatkan penghasilan dari
pemasangan iklan di situs web oleh client-clientnya. Selain itu, jenis
pendapatan lazada juga bisa merupakan sales
revenue model. Dimana sebuah
perusahaan e-commerce memperoleh
penghasilan dari menjual barang atau jasa melalui situs web. Business model
jenis ini mengandalkan proses jual beli menggunakan teknologi web.
0 komentar:
Posting Komentar